Seni Sastra Batak Karo – Untuk kesenian yang ad di indonesia ini sangat lah banyak dan salah satu nya adalah Sastra Karo yang sangat terkenal dari daerah Sumatera Utara. Hal itu pun dikarenakan salah satu tradisional yang terkenal di Indonesia dan juga luar negeri.

Untuk artikel pada kali ini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai semua kesenian yang bermula dari kerajinan dan juga kesenian daerah lokal.

Kumpulan Seni Sastra Batak Karo Dari Sumatera Utara

Seni Sastra Batak Karo

  • Seni Tari

Termasuk salah satu jenis kesenia yang berasal dan memiliki nama daerah Landek yang dimainakan dengan menggerakkan tubuh, tangan, naik turun lutut (endek) yang akan diselarkan dengan permainan dan juga tempo dari gendang dan juga gerakan kaki para pemainnya. Untuk tarian dan kesenian tari yang berasal dari Karo yang umumnya dipimpin oleh guru ataupun disebut dukun. Contohnya adalawh Tari Mulih Mulih, Tari Tungkat,Erpangir Ku Lau, Tari Baka, Tari Muncang dan lain sebagainya.

Seni Sastra Batak Karo

  • Seni Pahat / Ukir

Untuk salah satu keahlian dari suku karo tentunya bisa kalian lihat dari corak bangunan ataupun rumah adatnya. Itu dikarenakan banyaknya orang karo yang sangat mahir dengan keahlian dalam bangunan sehingga disebut sebagai Pande Tukang.Untuk beberapa kerajinan tersebut diantaranya adalah Geritten, Jambur, Bayan, Lige-lige, kalimbaban, sapo gunung dan juga lipo serta rumah siwalu jabu yang terkenal, Selain itu untuk seni ukir terbaik diantaranya adalah ukir cekili kambing, ukit ipen ipen, ukir embun sikawiten dan ukir tandak kerbo payung.

Seni Sastra Batak Karo

  • Sastra Karo

Adalah sebuah kerajianan yang dibedakan atas pantun, gurindam, anding adningen (sindiran), bintang bintang (pantun) cerita mitos, legenda ataupun cerita rakyat jaman dulu. Umumnya sastra dalam bahasa karo seperti menggunakan Cakap Lumat yang merupakan kegiatan berdialoga taupun berbincang bincang yang menggunkaan pepatah, umpama,pantun dan juga gurindam yang akan digunakan bagi pasangan kekasih.

Seni Sastra Batak Karo

BACA JUGA: Kebudayaan Suku Asmat Dari Papua

Disamping itu terdapat juga aksara karo yang sebenarnya merupakan kekayaan sastra karo yang berasal dari aksara sumatera kuno dengan campuran dari bahasa India. Untuk aksara tersebut pun kemudian disebut dengan Sumalungun ataupun Pakpak Dairi.

  • Seni Musik

Unruk beberapa kesenian musik yang ada di Karo seperti Gendang Karo yang menggunakan gendang atru dengan 5 unsur seperti Alat Kulcapi, Balobat, Surdam, Ketengan, Serune dan juga Gendang yang beraneka ragam. Untuk kesenian musik ini dilakukan masyarakat dalam rangka melakukan sebuah upacara ataupun pesta serta untuk kegiatan menari dan juga bernyanyi.