Kesenian Terbaik Dari Pulau Lombok

0 Comments
Kesenian Terbaik Dari Pulau Lombok

Kesenian Terbaik Dari Pulau Lombok – Lombok merupakan salah satu pulau di Nusa Tenggara yang memiliki kekayaan kesenian dan budaya paling terkenal di Indonesia dan juga dunia. Hal itu pun membuat berbagai wisatawan sering mengunjungi dan pergi ke Lombok untuk menikmati unsur kesenian tersebut.

Itu juga dikarenakan menurut masyarakat setempat di Lombok juga terdapat berbagai kebudayaan dan juga kerajaan yang dulu tinggal disana. salah satu diantaranya adalah Gendang Beleq yang paling terkenal disana. Untuk itu marik kita simak bersama kesenian dari Pulau NTB ini.

 Berbagai Kesenian Terbaik Dari Pulau Lombok Terkenal

Kesenian Terbaik Dari Pulau Lombok

  • Gendang Beleq

Adalah salah satu alat musik yang terkenal dikarenakan sering dimainkan pada berbagai acaara daerah dan juga acara acara besar masyarakat Lombok. Untuk kalian ketahui bahwa gendang Beleq juga digunakan dalam proses pernikahan masyarakat di Indonesia yang dlakukan dengan cara dimainkan sambil duduk ataupun berjalan.

  • Presean Lombok

Presean Lombok ialah sebuah tradisi yang paling banyak dikenal dan dipertunjukkan yang dilakukan antar petarung yang dimainkan antar saling menyerang sampai dengan salah satu petarung yang meneteskan darah pada bagian tubuhnya.

Kesenian Terbaik Dari Pulau Lombok

  • Kesenian Slebor

Untuk jenis kesenian paling akhir yang ada di lombok adalah kesenian yang dinamakan slebor yang dimainkan dengan menggunakan berbagai peralatan seperti gendang, petuk, gambus dan juga seruling. Perlu kalian ketahui kembali bahwa slebor selalu dimainkan oleh masyarakat NTB ketika musim bulan purnama. Untuk jenis kesenian ini pun telah ada sejak lama dan membuat alat musiknya pun telah sangat unik dan masih berbentuk tradisional yang terbuat dari kulit pelepah enau yang panjang.

Kesenian Terbaik Dari Pulau Lombok

  • Memaos

Termasuk salah satu kesenian paling banyak dibicarakan dan dilakukan di masa lalu. Itu pun dikarenaka memaos merupakan salah satu kesenian dalam pembacaan lontar ataupun hikayat kerajaan masa lalu yang dimanan berjumlah 3 – 4 orang setiap pembacaaan.

baca juga artikel menenai asal usul kesenian tato di indonesia

Adapun maksud dan tujuan dari pembacaan memaos ini adlaah supaya diketahui masa lalu dan juga memberikan nilai budaya untuk generasi berikutnya. Untuk kalian ketahui juga bahwa kesenian memaos ini pun hampir punah namun kemudian diangkat kembali sebagai salah satu aset daerah NTB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *